Technology

Pengertian Mengenai PHP Beserta Sejarah, Fungsi Dan Juga Kelebihannya

Di era modern sekarang ini, kita semua tentunya sudah tidak asing lagi dengan internet. Hampir setiap hari, sebagian besar dari kita pasti selalu menggunakan internet sebagai cara yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan baik di dalam urusan pekerjaan maupun sebagai sarana hiburan.

Di dalam menjelajah internet, pastinya kita seringkali berselancar atau surfing di dalam dunia maya untuk menjelajah “website” demi mendapatkan informasi yang kita butuhkan melalui internet itu sendiri. Karena sejatinya website tersebut adalah penyedia informasi yang kita butuhkan melalui internet.

Website bisa diibaratkan sebuah rumah, yang mana membutuhkan sebuah proses untuk menjadi sebuah bangunan utuh. Begitu juga dengan website, sebelum benar-benar menjadi sebuah website, ada sebuah proses yang dilakukan untuk membangun website tersebut. Dan perlu untuk diketahui, website dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus.

Salah satu pemrograman yang seringkali digunakan untuk merancang dan membuat website sehingga terlihat menarik dan interaktif adalah PHP. Dengan menggunakan PHP, maka kita bisa membuat dan juga mengembangkan website dengan mudah dan bahkan sudah dilengkapi dengan databse pada pemrograman ini.

Untuk sekarang ini, PHP merupakan sebuah bahasa pemrograman server-side tingkat pertama dengan presentasi sebesar 83.4% yang banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Selain itu, PHP juga merupakan bahasa pemrograman yang gratis digunakan dan open source sehingga pemrograman dapat melakukan pengembangan di dalamnya.

Bagi sebagian orang yang dalam kesehariannya memang berkecimpung di dalam dunia web design, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah PHP ini. Namun tidak halnya bagi sebagian orang lainnya. Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan sama-sama membahas hal-hal yang ada berkaitan dengan PHP. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya beriku ini.

Pengertian Website

Sebelum membahas lebih jauh tentang pemrograman PHP, mungkin ada baiknya bagi kita semua untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai definisi dari website itu sendiri. Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.

Website adalah sebuah halaman yang menyajikan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video yang diletakkan di dalam sebuah server/hosting di mana untuk mengaksesnya diperlukan jaringan internet. Website sering juga disebut sebagai web, site, situs, atau situs web. Sebuah website agar bisa diakses di internet diperlukan 2 komponen yang harus ada yaitu Domain dan Hosting.

Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Menurut wikipedia, website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs Internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada praktiknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya.

Beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersial tertentu.

Apa Itu PHP

Setelah membahas mengenai definisi website, sekarang saatnya bagi kita untuk membahas mengenai pemrograman yang digunakan untuk membuat website tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan, untuk membangun sebuah website dibutuhkan pemrograman khusus yang memang digunakan untuk merangcang dan membangun sebuah website. Salah satu bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP.

PHP merupakan salah satu pemrograman untuk merancang dan membangun sebuah website yang paling banyak digunakan oleh programmer web design yang ada di dunia. Karena selain penggunaannya yang terbilang mudah, PHP merupakan pemrograman web design yang menyediakan database yang tentunya akan sangat berguna di dalam membangun sebuah website.

PHP merupakan bahasa pemrograman paling populer yang digunakan dalam membuat sebuah website. Berdasarkan survei dari Wtechs, bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman server-side yang paling populer dibandingkan ASP.NET maupun dengan Java.

Hypertext Preprocessor atau di singkat PHP adalah suatu bahasa pemerograman yang digunakan untuk membuat web dinamis, walau bisa juga digunakan untuk membuat program lain. Tentunya bahasa pemerograman PHP berbeda dengan HTML, pada PHP Script/kode yang di buat tidak dapat di tampilkan pada halaman/muka website begitu saja, tapi harus diproses terlebih dahulu oleh web server lalu di tampilkan dalam bentuk halaman website di web browser.

Script PHP juga dapat di sisipkan pada HTML dan script PHP selalu diawali dengan Manajamen database yang biasanya digunakan untuk pemerograman PHP misalnya seperti MySQL, tapi ada juga yang menggunakan Oracle, Microsoft Access, dan lain-lain. PHP disebut juga sebagai bahasa pemerograman script server side, karena PHP di proses pada komputer server.

PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum (wikipedia). PHP di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi PHP beralamat di http://www.php.net.

PHP disebut sebagai sebuah bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini tentunya merupakan hal yang berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti yang ada pada pemrograman JavaScript yang mana diproses pada web browser (client).

Bahasa pemrograman PHP pada dasarnya bukanlah sebuah bahasa pemrograman yang wajib digunakan untuk mendesain website. Bahasa pemrograman PHP hanya merupakan bahasa pemrograman pelengkap yang hanya digunakan pada website dinamis atau pun interaktif. Di website yang bersifat statis, bahasa pemrograman PHP tidak dibutuhkan sama sekali atau pun jika dibutuhkan hanya sebagai pelengkap tambahan saja.

Dalam website dinamis atau pun interaktif, bahasa pemrograman PHP dipakai sebagai media untuk mempersingkat tatanan bahasa pemrograman HTML dan CSS. Dalam pembuatan website yang berisi data siswa misalnya. Dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML dan CSS, maka dibutuhkan baris kode yang sangat panjang (sesuai dengan jumlah data siswa yang ingin diinput), sedangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, baris kode yang dibutuhkan dapat dipersingkat hingga menjadi beberapa baris saja.

Selain dapat mempersingkat script bahasa pemrograman, PHP juga dapat digunakan untuk menginput data ke sistem database, mengkonversi halaman yang berisi text menjadi dokumen PDF, melaksanakan manajemen cookie dan session dalam berbagai macam aplikasi, menghasilkan gambar, dan berbagai macam kegunaan lainnya.

PHP tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web yang sederhana tetapi menghasilkan website yang popular dan digunakan banyak orang seperti Joomla, Wikipedia, Drupal, WordPress dan sebagainya. Dengan ini, penggunaan PHP diminati oleh banyak orang karena memberikan solusi yang murah (free) dan juga dapat berjalan di berbagai berbagai platform.

Sejarah Perkembangan PHP

Sebelum menjadi pemrograman yang populer seperti sekarang ini, tentunya ada banyak hal yang terjadi dan juga banyak perkembangan yang dilakukan untuk pemrograman PHP ini. Awalnya, PHP bukanlah singkatan dari Hypertext Preprocessor seperti yang kita tahu sekarang ini.

Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Sesuai dengan namanya, PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP menjelma menjadi bahasa pemrograman web yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, tetapi juga website populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti wikipedia, wordpress, joomla, dan yang lainnya.

PHP dibuat pertama kali pada tahun 1994 oleh seorang programmer kelahiran Denmark yang bernama Rasmus Lerdorf. Ia membuat sebuah script menggunakan bahasa Perl untuk website pribadinya yang bertujuan untuk menampilkan resume pribadi dan mencatat jumlah pengunjung ke sebuah website.

Rasmus Lerdorf kemudian membuat ulang script tersebut dalam bahasa C dengan alasan untuk meningkatkan performa, sehingga script tersebut mampu untuk memproses form HTML dan berkomunikasi dengan database. Ia menamai kode program tersebut dengan sebutan Personal Home Page/Form Interpreter (PHP/FI).

Inilah asal mula penamaan PHP digunakan. PHP/FI bisa digunakan untuk membuat aplikasi web dinamis sederhana. Kemudian Lerdorf merilis kode tersebut ke publik dengan sebutan Personal Home Page Tools (PHP Tools) version 1.0 yang diumumkan pada 8 Juni 1995.

Pada versi 1.0, dikatakan bahwa PHP merupakan sebuah framework bahasa C yang digunakan dalam pengembangan web. Pada April 1996, Lerdorf mengumumkan PHP/FI versi 2.0 saat sedang mengerjakan proyek di Universitas Toronto. Proyek tersebut membutuhkan pengolahan data dan desain web yang rumit. Dalam versi 2.0 ini terjadi penambahan fitur baru seperti fitur logika “if” dan “else”. Istilah scripting language mulai digunakan ketika itu.

Pada pertengahan tahun 1997, PHP versi 2 telah menarik perhatian banyak programmer, namun bahasa ini memiliki masalah dengan kestabilan yang kurang bisa diandalkan karena Lerdorf hanya bekerja sendiri untuk mengembangkan PHP. Sehingga pada saat itulah Zeev Suraski dan Andi Gutmans ikut mengambil bagian dan membuat ulang parsing engine yang menjadi dasar dari PHP agar lebih stabil.

Dengan dukungan dari banyak programmer lainnya, proyek PHP secara perlahan beralih dari proyek satu orang menjadi proyek massal yang dikenal sebagai open-source project. Selanjutnya PHP dikembangkan oleh The PHP Group yang merupakan kumpulan banyak programmer dari seluruh dunia.

PHP versi 3.0 resmi dirilis pada Juni 1998 dengan membawa banyak perubahan, sehingga PHP semakin populer digunakan di seluruh dunia. Sejak saat itu, penggunaan PHP sebagai bahasa pemrograman web menjadi sebuah standar yang harus dikuasai bagi seorang programmer.

Zeev Suraski dan Andi Gutmans bersama para pemrogram di seluruh dunia terus melakukan pengembangan fitur terbaru PHP, seperti adanya layer abstraksi antara PHP dan web server, menambahkan mekanisme yang bersifat thread-safety dan two-stage parsing yang bernama Zend Engine. PHP versi 4.0 dirilis pada 22 Mei 2000.

Kemudian terjadi perkembangan lagi yaitu PHP versi 5.x yang dirilis pada Juli 2004 yang mendukung penuh pemrograman berbasis objek atau Object Oriented Programming dan beberapa fitur, seperti PDO (PHP Data Objects) untuk pengaksesan database, closures, trait, dan namespaces.

Pada versi lanjutan PHP, yakni PHP versi 6.x mengembangkan kemampuan Unicode agar PHP dapat mendukung berbagai karakter bahasa non-latin. PHP versi 7.0 berkembang dari proyek eksperimen yang dinamakan PHPNG (PHP Next Generation). Dalam Proyek PHPNG dilakukan penyusunan ulang kode PHP untuk meningkatkan performa. Pada Juli 2014, sebuah percobaan mendapati hasil bahwa PHPNG mengalami peningkatan performa hampir 100% dari versi PHP sebelumnya.

Untuk saat ini versi terbaru dari PHP adalah 7.1.15 yang dirilis pada 1 Maret 2018 yang dilengkapi dengan fitur-fitur, seperti tipe data NULL, adanya Error atau warning saat ada string dalam operasi aritmatik, return tipe data void dan masih banyak lagi.

Fungsi PHP

Seperti yang kita tahu, ada banyak jenis pemrograman yang bisa digunakan untuk merancang dan membangun sebuah website. Namun, jika menggunakan PHP kita akan mendapatkan hasil website yang dinamis dan juga interaktif. Hal tersebut merupakan salah satu fungsi yang dihasilkan dari PHP. Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi lainnya yang dimiliki oleh PHP, antara lain :

  • Mempersingkat Tatanan HTML dan CSS

Untuk membangun sebuah halaman web yang dinamis, PHP dapat berfungsi untuk mempersingkat penggunaan tatanan HTML dan CSS. Sebagai contoh, dalam suatu sistem karyawan memiliki jumlah baris 100. Jika menggunakan HTML dan CSS maka barisan tersebut menjadi sangat panjang. Sedangkan jika ditambah dengan menggunakan PHP, maka kita bisa mengatur beberapa baris yang dibutuhkan atau ditampilkan.

  • Input Data

Fungsi lainnya yang dimiliki oleh PHP adalah Input Data. Tentunya dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, kita dapat menginput data dan menyimpannya dalam sistem Database, seperti MySQL. Inilah salah satu kelebihan yang sudah dijelaskan pada awal artikel mengenai pemrograman yang memiliki database.

  • Manajemen Cookie Dan Session

Dalam PHP, Cookie dan Session digunakan untuk menyimpan informasi pengguna. Fungsi session_start() untuk memulai session dan cookie dengan fungsi setcookie(). Sebagai contoh proses cookie, menyimpan username dan password pengguna di browser sehingga tidak harus mengisinya ulang ketika membuka situs yang sama. Session contohnya menyimpan informasi login yang hanya berlaku dalam satu sesi saja.

  • Kompres Teks

Fungsi yang terakhir yang dimiliki oleh PHP selanjutnya adalah kompres teks. Dalam penggunaan PHP, kita bisa mengkompres teks yang panjang menjadi lebih pendek dengan fungsi gzcompress() dan mengembalikannya dengan fungsi gzuncompress().

Kelebihan PHP

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, PHP saat ini merupakan salah satu pemrograman web yang paling banyak digunakan dan juga dikembangkan oleh banyak programmer yang ada di dunia. Tentunya ada alasan dibalik mengapa pemrograman ini menjadi pemrograman yang paling populer, salah satunya yaitu adalah kelebihan yang dimiliki oleh PHP ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh PHP, antara lain :

  • Kemudahan Sintax Programming

Salah satu tujuan programming web adalah menghasilkan kode-kode html. Secara teknis kode-kode mempunyai tipe string. Dengan demikian kita akan banyak berhubungan variable string. Berkaitan dengan variable string ini, menggabungkan string paling mudah dilakukan oleh php.

  • Dapat Berjalan Di Berbagai Sistem Operasi

Kelebihannya berikutnya adalah pemrograman PHP bisa kita jalankan di berbagai sistem operasi yang ada. PHP dapat dijalankan di berbagai platform seperti windows, linux dan unix. Dengan demikian programmer tidak perlu memikirkan di mana programnya akan diinstall karena php bisa dijalankan di banyak platform.

  • Dokumentasi Yang Mudah, Lengkap Dan Sederhana

Manual PHP dengan mudah untuk kita download di situsnya yaitu www.php.net dan ukurannya hanya beberapa mega bytes saja tentunya akan menguntungkan bagi kita sebagai penggunanya. Bandingkan dengan ASP yang dokumentasinya bisa lebih dari 3 cd dan tentu akan sangat merepotkan.

  • Fungsi – Fungsi Yang Lengkap

Fungsi-funsinyanya sangat lengkap termasuk dukungan/support terhadap OOP (Object Oriented Programming). Dengan support terhadap OOP ini melahirkan framework-framework PHP seperti Code Igniter, Cakephp, Yii dan lain-lain. PHP juga mendukung banyak database seperty MySQL, MSSql, Oracle dan lain-lain.

Berdasarkan penjelasan yang ada, tentunya kita semua tahu, untuk bisa sampai sekarang ini pemrograman PHP ini telah mengalami banyak sekali perkembangan mulai dari awalnya yang hanya sebagai pembuat website pribadi hingga bisa menjadi salah satu pemrograman yang paling banyak digunakan untuk pengembangan website.

Sudah bukan hal yang asing lagi bagi para programmer mengenai pemrograman PHP ini. Selain karena penggunaannya yang terbilang mudah, ada banyak sekali fungsi dan juga kelebihan yang ditawarkan oleh pemrograman ini. Oleh karena itulah PHP bisa menjadi sebuah pemrograman yang paling banyak digunakan dan digemari oleh banyak pengguna di dunia.

Demikianlah penjelasan mengenai PHP, mulai dari pengertian, sejarah, fungsi dan juga kelebihan yang dimiliki oleh pemrograman ini dibandingkan dengan pemrograman yang lainnya. Semoga arikel kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua yang membaca.

Related Posts