pengetahuan

Seperti Apakah Cara Menulis Teks Biografi Yang Benar? Ini Dia Penjelasannya

Pastinya setiap manusia hidupnya memiliki pengalaman hidup entah itu pengalaman yang sangat menyenangkan entah itu pengalaman hidup yang menyedihkan. Terus apa kaitannya dengan biografi? Jadi apabila kalian ingin mendapatkan jawaban yang tepat. Mungkin didalam artikel ini saya akan menjelaskannya. Karena didalam artikel ini saya akan mengulas secara detail mengenai penjelasan atau pengertian teks biografi, ciri-ciri teks biografi, struktur teks biografi, contoh teks biografi, jenis-jenis teks biografi dan lain sebagainya. Untuk itu bagi Anda yang ingin mengetahui hal ini lebih dalam. Seperti apa teks biografi dan bagaimana cara menulisnya dengan benar? Yuk simak ulasan berikut.

Penjelasan Mengenai Biografi

Biografi hanyalah sebuah akun atau deskripsi rinci tentang kehidupan seseorang. Ini mencakup fakta-fakta dasar, seperti masa kanak-kanak, pendidikan, karier, hubungan, keluarga dan kematian. Biografi adalah genre sastra yang menggambarkan pengalaman dari semua peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seseorang, sebagian besar dalam urutan kronologis. Tidak seperti resume atau profil, biografi juga dapat memberikan kisah hidup subjek, menyoroti aspek yang berbeda dari hidupnya.Seseorang yang menulis biografi, disebut sebagai “penulis biografi.”

Jenis- Jenis Teks Biografi

Apakah diantara kalian sudah ada yang mengetahui apa saja jenis-jenis dari biografi ini? Mungkin saja diantara kita semua masih banyak sekali orang-orang yang memang belum mengetahui bahkan belum paham seperti apa jenis-jenis dari biografi ini. Setelah mengetahui arti dan fungsi biografi, sekarang kita akan membahas tentang jenis-jenis biografi. Ada tiga jenis biografi:

1. Biografi Berlandaskan dari Penulisnya

Berlandaskan penulisnya teks biografi ini dibagi menjadi 2 bagian, diantaranya ialah:

  • Autobiografi, ialah biografi yang dikutip sendiri oleh tokoh atau orang-orang yang bersangkutan dengan autobiografi
  • Biografi, ialah biografi yang dikutip atau ditulis oleh orang lain dengan adanya izin langsung dari tokoh yang akan ia kisahkan didalam sebuah karya tulisnya.

2. Biografi Berlandaskan dari Isinya

Berdasarkan dengan isinya, teks biografi ini dibagi menjadi 2 bagian. Diantaranya ialah:

  • Biografi tentang perjalanan hidup, ialah biografi yang mengisahkan atau menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang atau juga biasa disebut dengan tokoh yang ditulis secara lengkap dan jelas atau juga ditulis secara ringkas.
  • Biografi tentang perjalanan karir, ialah biografi yang didalamnya mengisahkan atau menceritakan tentang perjalanan karir seseorang tokoh dari awal mula perjalanan hingga ia berhasil untuk menggapai sebuah kesuksesan dan menggapai segala cita-citanya yang telah ia impi-impikan selama ini.

3. Biografi Berlandaskan Persoalan yang Diulas

Berdasarkan dengan persoalan yang diulas atau dibahas, teks biografi ini dibagi menjadi 2 bagian. Diantaranya ialah:

  • Buku sendiri, ialah biografi yang semua biayanya ditanggung oleh diri sendiri atau oleh orang yang membuat biografi tersebut.
  • Buku subsidi, ialah biografi yang pembentukan atau pembuatannya dibiayai oleh pihak sponsor entah itu dari segi biaya penulisannya, dari biaya percetakannya, bahkan dari biaya-biaya lainnya yang tidak terduga ditanggung oleh pihak sponsor.

 

Cara Menulis Biografi

Apakah Anda berharap menjadi penulis atau Anda hanya memiliki tugas sekolah untuk menulis tentang orang lain, dalam arti Anda menulis biografi, yang bisa di bilang ini membutuhkan perhatian dan kebijaksanaan khusus. Dalam ilmu biografi, Anda dapat menceritakan sebuah kisah kehidupan seseorang. Dengan demikian Anda harus memastikan bahwa menyajikannya harus secara akurat dan menulis informasi yang menarik dan membuat pembaca Anda merasa seolah-olah mereka belajar sesuatu dari tulisan Anda. Menulis Biografi didefinisikan sebagai kisah yang ditulis tentang kehidupan seseorang. Ini berarti bahwa kunci pertama untuk menulis biografi. Berikut ini cara dan langkah-langkahnya :

  • Perhatikan judul, pilihlah judul yang tepat dan menarik untuk contoh biografi singkat yang anda tulis.
    Informasi yang ditulis dalam teks biografi haruslah bersifat apa adanya dan sesuai dengan fakta, tanpa ditambah-tambahi maupun dikurang-kurangi. Hindari memasukkan hal-hal yang tidak benar-benar terjadi dalam biografi yang Anda tulis.
  • Perhatikan struktur kalimat, gaya bahasa, penggunaan tanda baca, pemilihan kata, dan aspek tata bahasa lainnya.
    Apabila saat menulis biografi, Anda dituntut untuk menampilkan data yang objektiv dengan baik. Usahakan tidak berlebihan dalam menggunakan gaya bahasa, dan buatlah kalimat yang efektif.
  • Gunakanlah sudut pandang orang ketiga, baik saat menulis biografi diri sendiri maupun biografi orang lain. Perlu diketahui ketika menulis biografi dan menulis autobiografi. Perbedaannya ketika menulis biografi orang lain maka jadilah sudut pandan orang ketiga dan ketika menulis autobiografi gunakan sudut pandang orang pertama (Aku, Saya).
  • Langkah yang terakhir adalah Tujuan Anda menulis Biografi, bahwasanya kamu menulis sebuah biografi untuk inspirasi atau dijadikan media. Supaya pembaca lebih mengenal sosok tokoh yang di ulas dalam biografi.
    Dengan beberapa cara dan langkah-langkah diatas, maka Anda bisa menulis sebuah teks biografi dengan baik dan benar.

Struktur Teks Biografi

Bagi Anda yang sudah mengetahui dan juga memahami dari fungsi teks biografi, kini sebaiknya ada juga harus mengetahui struktur dari teks biografi tersebut? Mungkin saja diantara yang lainnya masih banyak diluar sana yang belum mengetahui dan mengerti terhadap struktur teks biografi. Untuk itu bagi Anda yang tidak mengetahui.

Baiklah saya akan menulis artikel bukan hanya sekedar menulis biasa saja, melainkan saya memiliki niat untuk menulisnya, agar ketika suatu saat tulisan saya ini bisa memasuki halaman utama google kemungkinan ini juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk para pembaca dan khususnya untuk orang-orang yang memang belum paham dan mengetahui struktur dari teks biografi ini. Berikut dibawah ini penjelasan mengenai struktur-strukturnya yang baik dan benar. Ayo nunggu apalagi langsung saja kita simak bareng-bareng penjelasan tersebut.

Struktur teks biografi ini terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya ialah:

1. Orientasi

Orientasi ialah sebuah bagian yang mana menerangkan atau menjelaskan tentang pengenalan-pengenalan para tokoh yang didalamnya berisikan mengenai tokoh yang sedang dikisahkan atau sedang diceritakan didalam biografi tersebut.

2. Kejadian/Peristiwa Dan Masalah

Pada bagian kejadian atau peristiwa ini ialah bagian-bagian atau aspek yang didalamnya berisikan mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang sudah pernah didapati oleh seseorang. Termasuk juga didalamnya berisikan mengenai masalah-masalah yang pernah ia hadapi dalam menggapai suatu tujuan dan juga impian-impian dalam kehidupannya. Persoalan yang sangat menarik, mengagumkan, mengesankan dan juga menyedihkan yang pernah didapati oleh seseorang tokoh yang dibahas atau diceritakan didalam bagian ini.

3. Reorientasi

Apa itu ‘Reorientasi’? Reorintasi ialah bagian penutup dalam biografi. Aspek ini didalamnya berisikan mengenai pandangan penulis kepada para tokoh yang sedang dikisahkan dalam biografi tersebut. Reorientasi ini memiliki sifat opsional, yang mana artinya ialah bagian ini boleh dicantumkan atau boleh juga untuk tidak dicantumkan.

Untuk Apa Sebenarnya Biografi Ditulis

Berdasarkan makna atau definisi biografi di atas sehingga fungsi penulisan biografi adalah untuk memberikan rincian mengenai kehidupan seseorang atau sesuatu dengan cara menghibur tetapi informatif. Pada akhir sebuah biografi, para pembaca merasa seperti mereka sangat mengenal subjek tersebut. Biografi sering tidak fiktif, tetapi banyak penulis biografi juga menggunakan format yang mirip novel, karena alur cerita lebih menghibur dengan masuknya eksposisi yang kuat, konflik yang meningkat dan kemudian klimaks. Selain itu, kisah hidup yang paling inspiratif dapat memotivasi dan memberi kepercayaan kepada pembaca.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang contoh dan cara membuat sebuah biografi orang lain. didalam Artikel diatas juga ada Unsur-unsur, ciri-ciri, struktur, contoh biografi. Semoga dengan tulisan ini Anda dapat lebih memahami apa itu teks biografi dan dapat membuat dengan benar.

Related Posts